Apa itu VPN? Pelajari Fungsi dan Penggunaan Secara Bijak

Kalau mendengar kata VPN, pasti Kamu akan senyum-senyum sendiri. Saat ini, VPN sering digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan koneksi internet secara pribadi.

Tetapi apa pengertian dari VPN itu sendiri?

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.

Bagaimana cara kerja VPN?

VPN dirancang untuk menjadikan penggunaan internet lebih pribadi dengan membuat koneksi aman antara Kamu dan situs atau layanan yang ingin diakses.

VPN bekerja dengan mengambil lalu lintas internet dan mengalihkannya melalui server sendiri, sehingga akan terjadi seperti ini:

Pertama jika kamu mengakses sebuah situs tanpa menggunakan VPN:

Perangkat Kamu -> Situs web

Kemudian kembali lagi seperti ini:

Situs web -> Perangkat Kamu

Sedangakan begini jadinya jika kamu menggunakan VPN:

Perangkat Kamu -> Server VPN -> Situs web

Kemudian kembali lagi seperti ini:

Situs web -> Server VPN -> Perangkat Kamu

VPN tidak hanya membuat perangkat Kamu jadi lebih aman, tetapi juga menyamarkan keberadaan perangkat Kamu ketika mengakses sebuah situs.

Kenapa pakai VPN?

Ketika menggunakan VPN, perusahaan penyedia layanan membiarkan apa yang anda lakukan ketika menggunakan internet. Tetapi itu tidak sepenuhnya benar, mereka tetap bisa mengambil sedikit data.

Sehingga penggunaan VPN harus sedikit berhati-hati jika menyangkut data pribadi, seperti password dan data penting lainnya.

Sekarang VPN muncul sebagai layanan populer untuk kebebasan menggunakan internet, Kamu tidak perlu khawatir lagi karena itu adalah privasi.

Secara teori, Kamu mencegah penyedia layanan internet (ISP) dan pemerintah melihat riwayat internet Kamu.

Kamu bisa menggunakan VPN sebagai “geo-spoof” sebagai lokasi Kamu. Dengan kata lain, kamu bisa menyesuaikan pengaturan lokasi untuk menggunakan layanan di luar negeri.

Kemudian VPN bisa Kamu gunakan untuk melindungi perangkat dari peretas. Seperti ketika kamu menggunakan hotspot internet publik, mungkin di kafe atau perpustakaan, kemungkinan ada seseorang yang mencoba memasuki perangkat Kamu.

Data berharga milik Kamu tentu bisa dengan mudah dicuri. Tetapi dengan VPN, kamu bisa menggunakannya untuk melindungi hal tersebut.

VPN memang mendapat pro dan kontra dari berbagai pihak, tetapi hal tersebut tergantung Kamu untuk memilih layanan VPN yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya tidak merugikan pihak lain.

Itulah penjelasan singkat mengenai VPN, semoga bisa bermanfaat dan membuat Kamu lebih bijak ketika menggunakan VPN.

Leave a Reply